Sistem pengelolaan UBD didasarkan pada Rencana Induk Pengembangan UBD (2015-2025), yang dijabarkan dalam Rencana Strategis tiap lima tahun dan Rencana Kerja Tahunan yang dilaksanakan dalam setiap tahun akademik. Sistem pengelolaan Universitas, Fakultas, Program Studi dan unit-unit kerja penunjang akademik diuraikan secara fungsional berdasarkan kepada planning, organizing, staffing, leading dan controlling.

Planning (perencanaan)

Setiap program kerja atau kegiatan selalu berdasarkan perencanaan yang sudah dipetakan sejak awal tahun, sehingga ketika implementasi, aktivitas yang ada sudah diprediksi sejak awal. Sistem Perencanaan Fakultas dalam angka menengah dijabarkan dalam bentuk Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) sebagai rencana operasional yang dilaksanakan dalam setiap tahun akademik. Perencanaan pengelolaan Fakultas Psikologi dilakukan dengan baik. Perencanaan tersebut meliputi ; kurikulum, pengembangan kompetensi dosen, dan peningkatan kemampuan mahasiswa.

Organizing

Pengorganisasian di Fakultas Psikologi dilakukan dengan menempatkan dosen yang mengampu mata kuliah sesuai dengan latar belakang pendidikan (kompetensi) dan membagi peminatan penelitian dosen.

Staffing

Pengembangan dosen Fakultas Psikologi dilakukan dengan memberikan pelatihan-pelatihan agar dapat meningkatkan kompetensinya. Pengelolaan dosen diarahkan pada peningkatan kompetensi, kinerja dan produktivitas, jabatan dan karir serta kepuasan baik dosen maupun tenaga kependidikan. Pengukuran kinerja dosen telah dikembang sistem infomasi sumber daya manusia (www.hris.binadarma.ac.id)

Leading

Cara pimpinan yang mengkoordinasi setiap kegiatan yang ada di lingkup Fakultas. Dalam hal ini, Dekan Fakultas Psikologi memiliki tanggungjawab penuh untuk memimpin setiap unsur yang ada di bawahnya. Contoh : Dekan dalam aktivitasnya harus mempu mengendalikan serta memonitor segala kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya di dalam Fakultas tersebut. Dekan Fakultas Psikologi mampu menganalisa pekerjaan yang dilakukan oleh Kaprodi yang ada dibawahnya guna mengevaluasi fungsi dan kinerja mereka. Adapun hasil analisis serta evaluasi pekerjaan dilakukan setiap rapat koordinasi Fakultas.

Controlling

Pengawasan dan Pengendalian pada tingkat universitas dilakukan oleh Biro Penjaminan Mutu (BPM) yang ada di Universitas Bina Darma dengan melakukan audit internal sebanyak dua kali setiap tahunnya, sedangkan ditingkat Fakultas kegiatan controlling dilakukan oleh Tim Penjaminan Mutu Fakultas. Kegiatan ini dilakukan untuk menjamin pengawasan serta pengendalian mutu setiap kegiatan yang ada di lingkungan Fakultas Psikologi baik dalam bidang pengajaran, penelitian, maupun pengabdian serta kegiatan lainnya.