1. Keberadaan dan efektivitas unit pelaksanaan penjamin mutu

Untuk meningkatkan mutu secara internal pada tingkat fakultas yang mencakup informasi tentang kebijakan, sistem dokumentasi, serta evaluasi kinerja yang meliputi : kinerja dosen, kinerja karyawan, dan unit kerja. Dari aktivitas yang dilakukan oleh BPM Universitas Bina Darma akan ditindak lanjuti dengan tinjauan manajemen.

Di tingkat Fakultas juga dilakukan bahasan yang melibatkan dekan dan ketua program studi secara bersama-sama. Dalam kegiatan ini, dekan dan ketua program studi ikut serta membahas peningkatan dan pengendalian mutu dari masing-masing program studi yang ada di Fakultas Psikologi Universitas Bina Darma. Para alumni yang telah berhasil juga turut serta memberikan informasi atau saran-saran dalam rangka peningkatan dan pengendalian mutu. Mutu-mutu tersebut yang berkaitan dengan mutu dosen, metodologi, dan kurikulum, mengikutsertakan dosen dalam pelatihan-pelatihan metode pembelajaran, penyusunan bahan ajar, penyusunan satuan acara perkuliahan, dan pelatihan lainnya yang dapat menunjang mutu dosen dalam proses belajar mengajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu lulusan.

2. Memiliki Standar Mutu

Sistem peningkatan dan pengendalian mutu, baik mutu input, proses, maupun mutu output dilakukan secara bersama-sama ditingkat Universitas yang didukung oleh ISO 9001:2008 dan Biro Penjaminan Mutu (BPM). Untuk peningkatan dan pengendalian mutu input dilakukan sistem penerimaan mahasiswa baru secara berkala dilakukan kajian-kajian terhadap apa yang pernah dilaksanakan dan hasil yang diperolehnya sebagai pedoman evaluasi untuk peningkatan dan pengendalian mutu mahasiswa yang akan diterima pada periode penerimaan berikutnya. Untuk sistem peningkatan dan pengendalian mutu proses pembelajaran yang dapat menghasilkan lulusan dengan hasil yang lebih baik dilakukan diskusi, mengevaluasi secara menyeluruh terhadap proses pembelajaran. Peningkatan pendidikan dan pengetahuan para dosen, kurikulum, metodologi pembelajaran, dan hal-hal yang lainnya, sehingga menjadi bahasan dan kajian secara berkesinambungan. Kemudian, hasilnya dilaksanakan oleh masing-masing program studi.